4 Apr 2011

HATI ITU HIJAB



Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu, barangsiapa mau mengenal dirinya niscaya dia akan lebih mengenal ( di bukakan hikmah tuhannya ). Ilmu hikmah adalah ibarat sebuah lentera yang mampu melihat bahkan dalam kegelapan sekalipun, akan tetapi di perlukan sebuah hati yang istiqomah dan arif dalam memahami hikmah yang mampu memahami hikmah sebagai sebuah hakekat ilmu Allah swt yang dalam setiap peristiwa pasti terkandung sebuah manfaat / hikmah yang telah Allah swt berikan sebagai suatu pelajaran supaya manusia selalu berfikir dalam rangka mencari kebenaran atas ayat-ayat Allah swt meskipun tetap dengan kesadaran bahwa otak manusia adalah sangat terbatas.

Akan tetapi apabila hati manusia apabila telah tertutup dengan Nafs , nafs dunia, ujub, khibir, riya, maka akan tertutuplah kearifan hati sehingga hati jadi beku dan di butakan akan segala ilmu Allah tersebut. Salah satu bukti di butakannya hati manusia adalah ada seorang manusia yang menganggap suatu keilmuan adalah boleh di bedakan sebagai ilmu hikmah dan bukan hikmah. Hanya kebodohan dan kebutaan hatinyalah yang menutupi hikmah tersebut dari semua ilmu Allah swt. Karena Hikmah adalah melihat segala sesuatu bukan dari apa yang nampak, justru melihat sebuah pelajaran dan manfaat yang terkandung di dalam sebuah peristiwa, dunia hakekat adalah di mana Allah swt memberikan hikmah sebagai sebuah pelajaran yang di berikan kepada manusia-manusia yang tentunya hanya dengan kebersihan hati dan selalu menjaga prasangka baik terhadap Allah swt yang telah memberikan segala manfaat dan hikmah sebagai bentuk rohmatan lil 'alamiin kepada manusia.

Rasanya tidak akan ada manfaat yang akan kita dapatkan selama kita masih terbelenggu oleh nafs dalam hati kita , karena hati kita sesungguhnya adalah sebuah hijab yang mampu menjadi lentera dan menjadi penerang dalam memahami hikmah Allah swt dengan arif, sekaligus hati kita mampu membutakan kita dari segala rahmat Allah swt.

Ya ayatuhan Nafsul Muthmainah, Irji'i ila robbiki Rodhiyatan mardhiyah.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan